Cara Virus MERS-CoV Membunuh Seseorang

Infeksi MERS-CoV yang tengah merebak di Korea Selatan mungkin belum memakan banyak korban meninggal. Namun, penyakit saluran pernapasan yang serupa flu ini, cepat menimbulkan kerusakan pada saluran pernapasan hingga kematian.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI‎, Tjandra Yoga Aditama menjelaskan bahwa virus tersebut berbahaya bila sudah masuk ke dalam organ paru-paru dan merusak organ penting tersebut.

"Virus MERS yang masuk ke paru-paru akan menyebabkan kerusakan organ paru-paru lebih cepat daripada SARS. Apalagi bila korban sudah memiliki penyakit infeksi penyerta. Rata-rata korban MERS meninggal karena pneumonia,” kata Tjandra, saat ditemui di kantornya di gedung Balitbangkes, Jakarta, kemarin.

Tak hanya penyakit infeksi, Tjandra menambahkan bahwa orang-orang yang memiliki penyakit kronik lainnya, juga bisa lebih cepat memburuk setelah menderita infeksi. Dalam kondisi tersebut, terlebih bila tidak segera terdeteksi, korban MERS-CoV dapat meninggal dunia.

Sumber : Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan