Inilah Solusi ASI Ekslusif bagi Ibu yang Bekerja

Dilema sebagian ibu yang sedang menyusui dalam memberikan ASI ekslusif adalah dirinya juga bekerja. Lantas, bagaimana solusinya agar buah hati tetap memperoleh ASI ekslusif?

Ketua UKK Nutrisi & Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Damayanti Rusli Syarif, Sp.A (K) mengatakan bahwa Pemberian ASI Ekslusif selama 6 bulan seharunsya tidak menjadi hambatan pada Ibu yang  bekerja. Menurutnya seorang ibu bisa memberikan ASI ekslusif dengan mempersiapkannya sejak awal.

"Jadi, ibu harus persiapkan sejak awal pemberian ASI itu, bukan pada ketika 3 bulan baru disiapkan," terang Dr. Damayanti di Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan (21/11/2013).

Sementara itu, untuk permasalahan pemberian ASI, Dr. Damayanti juga tidak menganjurkan dengan penggunaan sendok. Hal ini karena menurutnya pemberian ASI yang paling terbaik adalah langsung dengan puting susu ibu.

Lantas, bagaimana dengan pemberian ASI menggunakan botol susu atau dot? Seperti diketahui, ibu menyusui yang bekerja biasanya memberikan ASI menggunakan cara ini.

"Kalau botol susu masalahnya hanya pada kebersihan, tetapi bentuknya dia akan lebih mirip dengan puting susu ibu dibandingkan sendok,"tandasnya

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan