Obat Alami Edema

Edema (pembengkakan tubuh)-disebut juga penyakit buang air atau gembur-gembur. Edema menyebabkan organ dan bagian tubuh lain membesar karena penuh dengan cairan. Jaringan yang terpengaruh adalah kaki dan pergelangan kaki karena ini adalah salah satu titik terendah tubuh. Jika tingkatan edema tergolong parah maka bisa menyebar ke tangan dan wajah.

Untuk mengetahui seberapa parah rasa bengkaknya maka tekan bagian tubuh anda dengan jari, lalu lihat apakah pembalikannya lambat atau lambat sekali. Semakin dalam bekas tekanan pada kulit maka semakin banyak cairan pada jaringan tubuh. Wanita biasanya lebih sering terkena dibandingkan pria karena berkaitan dengan waktu menstruasi. Penanganan mudahnya sebenarnya cukup dengan minum banyak air dan mengurangi konsumsi garam atau menghilangkannya sama sekali dari menu makanan anda.

Edema cenderung di idap oleh orang yang duduk terlalu lama seperti sekertaris atau orang yang duduk di depan komputer selama berjam-jam. Cairan jatuh ke tempat terendah yaitu kaki, pergelangan kaki dan panggul. Ini benar-benar membuat tidak nyaman tetapi jika masih ringan tidak akan mengancam jiwa. Orang yang banyak makan garam juga mudah menyimpan air dalam jaringan tubuhnya. Orang yang punya masalah tekanan darah dan jantung juga lebih mudah terkena edema. Edema bisa membahayakan nyawa jika cairannya berkumpul di sekitar jantung. Tekanan dari cairan menyebabkan jantung mengalami kesulitan dalam memompa darah.

Pengobatan Alami

  • Minum air atau teh yang banyak 3 kali seminggu untuk membuang garam yang berlebih dalam tubuh.
  • Berenang di kolam renang 3 kali seminggu, karena tekanan yang mengenai tubuh akan menyebabkan cairan mengalir ke kandung kemih di mana cairan tersebut bisa dikeluarkan.
  • Orang yang terlalu lama duduk, bisa berdiri sebentar lalu berjalan di sekitar dan istirahatkan kaki anda.
  • Minum teh panas juga bisa menenangkan.


1 komentar:

mas jang mengatakan...

Bagus gan sangat bermanfaat sekali untuk kita semuanya

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan