Makanan Menyehatkan Jantung


Jantung-terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan.
Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah. Dengan adanya jantung, darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
Jantung manusia terbagi atas empat ruangan, yaitu serambi kanan dan serambi kiri serta bilik kiri dan bilik kanan. Bagian bilik (ventrikel) jantung berdinding lebih tebal dibandingkan serambi (atrium) jantung.

Hal tersebut berhubungan dengan fungsinya untuk memompakan darah ke seluruh tubuh sehingga harus lebih kuat. Adapun dinding bilik kanan lebih tipis karena fungsinya hanya memompakan darah ke paru-paru.
inilah makanan yang menyehatkan jantung kita


1. Brokoli?

Brokoli mengandung vitamin B dan Foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.

2. Sayuran Berdaun Hijau?
Bayam, kangkung, daun lobak, dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang menganggumkan karena mengandung zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga kesehatan tubuh. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung. Sayuran tersebut bisa menjadi apa saja untuk dimakan, namun jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang.

3. Asparagus?
Sayuran hijau ini ampuh menjaga kesehatan jantung. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung dari radang. Selain itu asparahus juga rendah kalori.

4. Kacang Merah?
Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi dan kalsium. Menyajikan 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.

5. Salmon
Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotin, zat yang akan membantu tubuh menjadi rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung omega-3 yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Sajikan ikan laut yang dipanggang atau dikukus.

6.. Ubi Manis?
Sayuran berwarna selalu baik untuk kesehatan, termasuk ubi manis. Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung. Sekalipun bentuknya tidak menarik, rasanya lezat dan manis alami. Ubi manis bisa dimasak dengan cara mengukusnya.

7. Almond?
Kacang almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc secara keseluruhan akan membuat jantung berada dalam mood yang baik. Mengkonsumsi almond � cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa di campur pada sarapan oetmeal atau bubur ayam.

8. Coklat
Coklat juga baik untuk jantung tapi bukan sembarang coklat. Dark chocolate dengan kadar cocoa setidaknya 75 persen, baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung. Penelitian dari University of Scranton di Pennsylvania menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 ons dark chocolate sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk yang satu ini, tidak perlu diolah macam-macam, langsung digigit juga lezat sambil menemani menonton tv.

9. Blueberry?
Hampir semua buah segar berfungsi menjaga kesehatan jantung. Tetapi blueberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna biru-ungu gelap ini kaya antioksidan dan vitamin C, keduanya mampu atasi stres serta rendah kalori sehingga ini baik untuk jantung kita. Tidak perlu diolah macam-macam, langsung bisa dikonsumsi. Tetapi jangan lupa dicuci

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan