Asupan Gizi untuk Rambut


Asupan Gizi untuk Rambut-Asupan nutrisi yang tepat mempengaruhi kesehatan rambut. Bukan cuma perut yang butuh makan. Rambut juga membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Vitamin dan mineral siap melindungi rambut dari kerontokan. Berikut adalah tujuh vitamin penting untuk rambut, 

Fungsi-rambut adalah memperindah wajah dan melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Sedangkan rambut yang ada di kepala anda, berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokkan setiap hari 50 hingga 100 helai tetapi rambut baru akan tumbuh.

1.� Asam folat
Asam folat membantu pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Vitamin ini juga bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan asam folat dapat menghambat kesehatan rambut seperti uban prematur dan rambut rontok.

2. Vitamin A
Vitamin A merupakan sumber antioksidan yang dikenal ampuh dalam memperbaiki tekstur dan warna rambut. Vitamin ini juga melindungi rambut dari bahaya radikal bebas dan kekeringan.

3. Vitamin C
Vitamin C dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Ia juga dapat mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin C menimbulkan kerusakan rambut seperti rambut bercabang dan kering.

4. Vitamin E
Vitamin E adalah salah satu sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Jika Anda ingin rambut tumbuh lebih cepat, tingkatkan konsumsi vitamin E.

5. Vitamin B12
B12 adalah nutrisi penting dalam pembentukan DNA dan sel darah merah, yang menyalurkan oksigen ke seluruh organ vital tubuh. Tak banyak yang tahu, folikel rambut juga membutuhkan oksigen. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerontokan, pertumbuhan lambat, dan uban prematur.

6. Biotin
Biotin berfungsi untuk membantu sel-sel menghasilkan energi. Vitamin ini juga meningkatkan elastisitas rambut, sehingga dapat mencegah kerusakan permanen. Kulit kepala gatal dan bersisik merupakan gejala kekurangan biotin.

7. Niasin
Niasin memiliki efek dilatasi pada pembuluh darah dan kapiler, yang menyebabkan peningkatan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Peningkatan sirkulasi merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. 

Tujuh vitamin di atas sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehat. Perawatan rambut tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Asupan nutrisi yang tepat membantu rambut tumbuh lebih cepat.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan