Cara Manjur Haid Tanpa Kram



HAID lancar tanpa kram dengan nyeri yang mengganggu merupakan harapan para wanita. Namun kondisi ini bisa menjadi kenyataan, asal Anda bisa mengatur pola hidup sehat.

Ya, hal ini karena haid tidak lancar akan membuat aktivitas terganggu hingga kinerja menurun. Lantas, apa yang harus dilakukan agar siklus menstruasi tanpa kram?

Berikut ini beberapa tip agar siklus menstruasi Anda lancar dan bebas kram saat premenstrual syndrome (PMS), sebagaimana dilansir Sbwellnessdirectory.

Jauhi hal yang berunsur dingin

Wanita tidak boleh mengonsumsi air dingin sebelum dan sesudah siklus menstruasinya atau berenang di air dingin. Pasalnya, kondisi dingin menyebabkan stagnasi atau darah dalam tubuh berhenti hingga akan memperburuk lancarnya pelepasan darah kotor ketika menstruasi.

Jangan melakukan diet berat saat haid

Diet sebelum dan selama siklus haid sangat tidak dianjurkan. Alasannya, wanita saat siklus haid membutuhkan asupan gizi yang banyak. Untuk itu, sebaiknya para wanita yang mengalami siklus haid mengonsumsi sayuran hijau atau biji-bijian yang dimasak dengan matang. Selain itu, mengonsumsi herbal hijau seperti kemangi, ketumbar, dan kunyit yang diperaya bisa mengurangi nyeri saat PMS.

Jauhi makanan junkfood

Banyak wanita saat mengalami siklus haid banyak mengonsumsi camilan. Tentu mengemil boleh, asal harus memerhatikan gizi dan nutrisi, bukan hanya mengonsumsi es krim, cokelat, atau keripik kentang.

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat

Makan karbohidrat menjadi cara terbaik untuk menangkal wanita yang sedang PMS dan berkeinginan ngemil. Pasalnya, makanan karbohidrat merupakan sumber serat yang baik dan membantu membersihkan kelebihan hormon estrogen dari tubuh. Tingginya kadar karbohidrat telah terbukti berkontribusi menstabilkan wanita saat PMS. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan berkarbohidrat justru meringankan gejala psikologis, seperti ketegangan, kecemasan, dan perubahan suasana hati yang biasanya dialami wanita saat PMS.

Sumber karbohidrat yang baik sendiri termasuk kentang, jagung, kacang-kacangan, dan bii-bijian. Apalagi ditambah mengoles minyak hangat di daerah sekeliling perut. Hal itu sudah terbukti bisa meringankan nyeri saat siklus menstruasi.(okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan