Awas, Main Video Game Malam Hari Bisa Ganggu Waktu Tidur

Puskesmas Idola - Anda suka bermain video game di malam hari? Jika ya, anda mungkin perlu membaca artikel ini. Bermain video game memiliki sisi positif dan juga negatif, tergatung kapan bermain dan berapa lamanya. Namun studi menemukan jika seseorang bermain video game malam hari maka hal itu bisa mengganggu waktu tidur.

Studi yang dipimpin oleh peneliti Daniel King dari Flinder's University Sleep Lab menemukan orang yang bermain video game dalam waktu yang lama ketika akan tidur secara signifikan bisa mengganggu pola tidurnya, terutama pada remaja laki-laki.

Partisipan yang terlibat dalam studi ini diminta memainkan permainan baru, game yang cepat dan mengandung kekerasan selama 50-150 menit dalam waktu 2 malam di dalam Sleep Lab.

Setelah itu, pola tidur dan detak jantungnya dimonitor untuk mengetahui adakah efek subjektif yang muncul pada remaja ini akibat bermain video game berkepanjangan. Hasil studi ini dilaporkan dalam Journal of Sleep Research.

Peneliti mengungkapkan seseorang kehilangan waktu tidur sebanyak 27 menit setelah bermain video game selama 150 menit berdasarkan hasl tes polysomnography, serta mengalami keterlambatan waktu tidur selama 39 menit.

"Umumnya mereka bisa tidur pada waktu biasa, tapi temaja ini mengalami gangguan tidur yang cukup signifikan seperti seringterbangun sepanjang malam," ujar Michael Gradisar, psikolog tidur anak dari Flinder's University Sleep Lab, seperti dikutip dari MedIndia, Senin (22/1/2013).

Gradisar menuturkan tidur terdiri dari banyak tahapan berbeda dan juga tidur REM atau dikenal sebagai dreaming sleep. Kondisi ini akan berkurang selama 12 menit pada remaja yang bermain lebih dari 2 jam.

"Ini mungkin tidak tampak seperti pengurangan yang signifikan, tetapi REM sleep memainkan peranan penting dalam membantu kita mengingat hal-hal yang dipelajari hari itu," ungkapnya.

Hal ini tentu saja sangat berperan dalam memori remaja, seperti halnya mengingat kembali pelajaran yang sudah dipelajarinya yang sekaligus dapat membantu memperbaiki memori ketika ujian.

Selain itu dalam studi terpisah diketahui seseorang yang bermain video game kekerasan selama 20 menit hingga 1 jam dalam watu 3 hari berturut-turut bisa memicu munculnya perilaku agresif. Paparan video game bertema kekerasan secara berulang kali dapat memunculkan efek kumulatif agresi pada orang tersebut.

http://health.detik.com/read/2013/01/22/190410/2150005/763/awas-main-video-game-malam-hari-bisa-ganggu-waktu-tidur?l992206755

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan