Anda Sakit Tenggorokan , Coba Dulu Cara Ini

Anda Sakit Tenggorokan , Coba Dulu Cara Ini
Tidak cuma mengganggu penapasan, sakit tenggorokan kadang juga menyebabkan nyeri telan sehingga makan minum terasa tidak nyaman. Sebelum memutuskan untuk minum obat, pertimbangkan dulu untuk mengatasinya dengan cara yang lebih aman.

Obat-obatan seperti antiinflamasi atau antiradang, maupun antibiotik memang ampuh meredakan sakit tenggorokan. Tetapi masing-masing punya efek samping, belum lagi risiko resistensi kuman terhadap antibiotik jika obatnya tidak diminum sesuai aturan.


Beberapa cara yang lebih aman untuk mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Foxnews, Senin (29/10/2012).

1. Kumur air garam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kumur dengan air hangat dan mengandung garam bisa mengurangi pembengkakan sekaligus meluruhkan lendir di tenggorokan. Cara membuatnya mudah, cukup larutkan garam setengah sendok teh ke dalam secangkit air hangat.

2. Hisap lozenges (permen pelega tenggorokan)

Permen-permen lozenges yang mengandung menthol atau eucalyptus cukup efektif melegakan tenggorokan yang sakit, apalagi cuma sekedar gatal. Memang tidak benar-benar menyembuhkan, tetapi setidaknya untuk sementara waktu bisa mengurangi gejala yang sangat mengganggu.


3. Minum teh

Kandungan antioksidan yang ada di daun teh, baik teh hijau, teh hitam atau teh biasa, bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga sangat membantu meredakan infeksi. Untuk mendapatkan efek maksimal, tambahkan setengah sendok madu yang juga bersifat antiseptik.

4. Makan sup ayam

Sama seperti kumur air garam, kuah sup juga mengandung garam yang bersifat melegakan. Kelebihannya adalah kuah sup bisa langsung ditelah sekaligus sebagai suplai nutrisi. Sakit tenggorokan biasanya disertai nyeri untuk menelan makanan padat, sehingga sup akan sangat membantu menjaga asupan nutrisi.

5. Kunyah marshmallows

Sebenarnya yang dipakai sebagai pelega tenggorokan adalah getah tanaman marshmallow (Althaea officinalis), bukan marshmallow buatan yang dikenal saat ini. Namun tekstur lembut pada marshmallow buatan diyakini juga bisa memberikan efek serupa dengan getah marshmallow, meski belum banyak bukti ilmiah yang mendukungnya.

6. Istirahat

Mungkin bukan solusi paling cepat, tetapi istirahat yang cukup memang sangat dibutuhkan untuk memerangi infeksi penyebab nyeri di tenggorokan. Apalagi sebagian besar penyebab infeksinya adalah virus, yang tidak mempan diobati dengan antibiotik tetapi bisa sembuh dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup.


(health.detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan