2012 MENGOBATI SAKIT PANAS DENGAN JERUK NIPIS

Demam adalah naiknya temperature tubuh diatas normal. Temperature tubuh yang normal adalah sekitar 970F sampai 990F (36-370C). kenaikan suhu badan sampai 1060F (410c) atau lebih biasanya akan mengalami muntah-muntah dan bila demam mencapai 1080F (420C) seringkali menyebabkan kejang dan kerusakan otat yang tidak dapat disembuhkan.

Demam dapat merupakan pertanda reaksi tubuh terhadap kemungkinan suatu penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang tergolong berat. Demam akan menguras kalori dalam tubuh dan merusak jaringan tubuh. Serta berkurangnya cairan tubuh akibat keluarnya keringat sebagai suatu mekanisme pengaturan suhu tubuh.

Gejala

Keadaan yang biasa menyertai demam adalah muka merah, sakit kepala, mual, sakit di sekujur tubuh, nafsu makan berkurang atau tidak ada sama sekali.

Saran

Kondisi demam perlu diimbangi dengan minum banyak, asupan sumber kalori yang cukup, protein dan mineral terutama sodium dan potassium. Metabolisme yang meningkat perlu dukungan vitamin-vitamin A,C,B kompleks dan tambahan kalsium sebagai imbangan menurunnya penyerapan mineral selama demam. (sumber : mausehat.wordpress.com)

Mengobati Sakit Panas dengan Jeruk Nipis
  1. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan.
  2. Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata.
  3. Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk dada dan punggung.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Puskesmas Mejayan Copyright © 2012 | Visit Puskesmas Mejayan